Tips Meningkatkan Kualitas Diri dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0


 Pada era Revolusi Industri 4.0 manusia tidak hanya bersaing dengan sesama manusia, akan tetapi mereka harus mampu bersaing dengan berbagai kecerdasan buatan ( artificial intelligence).

Supaya mampu bersaing manusia perlu meingkatkan kualitas dirinya. Kualitas diri dapat ditingkatkan dengan mengasah ketrampilan dan kemampuan.

Berikut ada beberapa ketrampilan dan kemampuan yang perlu ditingkatkan untuk dapat bersaing dengan kecerdasan buatan


  1. Percaya Diri
    • Percaya diri berarti percaya pada kemampuan diri sendiri. Kepercayaan diri menjadi modal berharga untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

      Kepercayaan diri diperlukan untuk menunjukan integritas sehingga mampu bersaing, baik dengan sesama manusia maupun kecerdasan buatan. Dengan kepercayaan diri kalianakan menjadi pribadi yang optimis dan mampu menjalani berbagai tantangan masa depan.

  2. Berpikir kritis
    • Berpikir kritis adalah kemampuan memahami dan menalar sebuah masalah yang rumit serta mengaitkan informasi-informasi yang diperoleh untuk menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

      Dengan ketrampilan ini, kalian akan mampu menganalisis dan menyelsaikan masalah secara madiri.

  3. Kreatif
    • Kreatif dapat diartikan proses akal budi seseorang dalam menciptakan gagasan baru. Dengan demikian kreatif berkaitan dengan pemikiran manusia. Sikap kreatif juga dapat ditunjukan dengan sifat terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

      Sikap kreatif  sangat diperlukan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Dengan sikap kreatif, kalian dapat berinovasi dan menemukan ide-ide baru ataupunmengembangkan sesuatu yang sudah ada.

  4. Komunikatif
    • Kodrat manusia sebagai mahluk sosial tidak bisa luput dari setia individu manapun. Oleh karena itu, komunikasi merupakan salah satu hal terpenting dalam proses interaksi manusia.

      Dalam kaitannya dengan proses interaksi tersebut, sikap komunikatif sangat diperlukan. Dengan sikap komunikatif, kalian dapat mengutarakan berbagai ide, gagasan, dan masukan kepada orang lain. Anda dapat menunjukan sikap komunikatif dalam berbagai bentuk, baik melalui lisan, tulisan, maupun multimedia.

  5. Kolaboratif
    • Kolaboratif artinya kemampuan bekerja sama, saling bersinergi, dan menyatukan potensi yang dimiliki dengan potensi orang lain demi mencapai tujuan tertentu.

      Kemampuan kolaboratif juga berkaitan dengan kemampuan beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggung jawab, bekerja secara produktif, menjunjung tinggi sikap empati, serta menghormati perbedaan pemikiran. era digital cenderung membuat seseorang bersikap individualis, oleh karena itu kalian perlu meningkatkan kemampuan kolaboratif.
Kehidupan manusia senantiasa diwarnai oleh perubahan.Begitu pula dengan Revolusi Industri 4.0. Pada era ini perubahan berlangsung secara cepat. berbekal kelima ketrampilan diatas, kalian akan bisa meningkatkan kualitasdiri untuk menghadapi berbagai perubahan pada era revolusi industri 4.0. Selain kelima ketrampilan tersebut , hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah pola pikir dan kemampuan adaptasi sesuai perkembangan zaman.



    Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Tips Meningkatkan Kualitas Diri dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel