Cara Melihat Spesifikasi PC Sendiri


Jadi, kalian baru saja membeli PC baru dan ingin memastikan bahwa PC kalian berisi komponen yang seharusnya. Jadi pertanyaannya adalah, bagaimana kalian memeriksanya sendiri? Jika kalian tertarik mempelajari cara melihat jenis perangkat keras apa yang kalian miliki di dalamnya, lihat panduan kami di bawah ini.

Cepat dan mudah

Jika kalian hanya ingin ringkasan yang sangat singkat tentang cara memeriksa spesifikasi dasar PC kalian, seperti versi Windows yang kalian jalankan, prosesor seperti apa yang kalian miliki, dan berapa banyak RAM yang kaliian miliki, maka ini akan menjadi cepat dan metode mudah untuk mencari tahu.



1. Di desktop Anda, klik kanan "This PC"

2. Pilih Properties



3. Bagian yang disorot akan menunjukkan semua informasi dasar tentang PC kalian

Ini sebenarnya cara yang baik untuk memeriksa apakah ada sesuatu yang salah dengan PC kalian dan komponen tertentu. Belum lama ini, saya menemukan bahwa PC saya tampaknya berjalan lebih lambat dari biasanya saat melakukan multitasking. Setelah memeriksa Task Manager, saya menyadari bahwa banyak memori digunakan untuk tugas-tugas yang biasanya tidak membutuhkan banyak memori.

Saya kira engira itu adalah masalah RAM, melalui proses di atas saya menemukan informasi, PC saya hanya mendeteksi bahwa saya memiliki 4GB RAM, bukan 8GB, dan saya menyimpulkan bahwa salah satu stik RAM saya telah rusak. Kemudian saya ganti dan masalhnya terselsaikan.
Meskipun tidak dirancang secara tepat untuk menjadi alat diagnostik, itu tentu saja membantu membuat proses pemecahan masalah jauh lebih cepat.

Tampilan yang Lebih Detail

Jika kalian ingin melihat lebih detail pada perangkat keras PC kalian, inilah cara kaliandapat melakukannya.

1. Buka Start Menu dan ketik "Device Manager"


2. Luncurkan aplikasi

Aplikasi ini akan menunjukkan kepada kalian semua komponen PC kalian. Ini tidak hanya mencakup komponen di dalam PC kalian, tetapi juga perangkat yang terhubung, seperti monitor dan keyboard

3. Untuk melihat lebih detail, klik panah dari salah satu yang akan dilihat pada kategori

Sekali lagi, mirip dengan metode Cepat dan Mudah yang diuraikan di atas, menggunakan Device Manager juga bisa menjadi cara yang baik untuk memecahkan masalah pada PC kalian. Misalnya, jika kalian baru-baru ini memasang kartu grafis baru tetapi tidak muncul di bawah Display Adapters, maka mungkin kalian tidak menginstalnya dengan benar karena itulah ia tidak terdeteksi.

Kalian juga dapat menggunakan Pengelola Perangkat untuk menginstal pembaruan driver dan juga untuk menonaktifkan komponen tertentu dan menginstalnya kembali jika mereka tidak berfungsi dengan baik.

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Cara Melihat Spesifikasi PC Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel