Cara Memainkan Hampir Semua Game PSP di Ponsel Andorid Kalian


Smartphone saat ini hadir dengan spesifikasi hardware yang sangat luar biasa, menjadikannya mampu menjalankan game dengan grafis yang intens. Namun bukan berarti juga kita harus meninggalkan game game klasik. Ada masanya ketika PSP (Play Station Portable) berjaya, jika kalian ingin bernostalgia dengan bermain game game klasik seperti harvest  moon, dragon ball budokai, ben ten alien force konsol PSP adalah alat terbaik untuk melakukannya. Tetapi apakah layak jika kita punya smartphone yang memiliki spesifikasi yang gahar perlu juga untuk membawa konsol PSP???

Untungnya kita tidak harus mengucapkan selamat tinggal pada game PSP favorit kita karena kita bisa menjalankannya di ponsel android kita. Menggunakan emulator khusus kalian dapat memainkan hampir semua game PSP di android kita.

Catatan : Kinerja permainan tergantung spesifikasi ponsel android kalian. Jadi di beberapa game mungkin bekerja sedikit lambat, dan bahkan tidak bekerja sama sekali, jadi saya sarankan menggunakan ponsel dengan spesifikasi menengah keatas.

Ada banyak emulator PSP di palystore tapi tidak semuanya baik, dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan PPSSPP, ini adalah aplikasi open source dan gratis, tapi juga ada yang versi berbayar yang bedanya hanya tidak adanya iklan dalam aplikasinya.

Kalian dapat mengunduh emulator PPSSPP di palystore, namun itu hanya sebuah aplikasi yang kosong dan tidak ada game didalamnya, jadi kalian harus mendownload manual file ISO Image atau .CSO PSP game kalian ke dalam ponsel android.

Jadi setelah kalian menginstal aplikasi emulatornya yaitu PPSSPP, selanjutnya kalian download gamenya. Kalian dapat menemukan banyak rom game PSP di website seperti Emuparadise atau CoolROM, kalian bisa mengunduhnya disalah satu web tersebut.

Menggunakan PPSSPP

Setelah kalian memiliki rom game nya di android kalian kita bisa memulainya. Buka aplikasi PPSSPP dan arahkan ke menu "games". Disini kalian akan menemukan seluruh folder di hp android kalian, Caranya cukup mudah hanya cari folder dimana kalian menaruf rom/ file ISO atau .CSO game kalian. Setelah menemukanya akan ada gambar gamenya. Klik saja untuk mulai menjalankan gamenya.

Catatan : Jika tidak muncul gambar/ gamenya setelah tepat menemukan lokasi folder kalian menyimpannya, kemungkinan romnya masih dalam bentuk archive RAR atau ZIP jadinya kalian harus mengekstraknya lebih dahulu. Kalian bisa mengekstraknya menggunakan aplikasi RAR, Zarchiver ataupun 7zip.


Tombol kontrol akan ditampilkan dilayar android  kalian. Pengalaman bermain tidak akan sebagus seperti tombol fisik yang ada di PSP asli, tetapi seiring waktu kalian juga akan terbiasa.

Di emulatornya ada juga banyak pengaturan untuk disesuaikan untuk meningkatkan kinerja atau membuatnya mudah sesuai kebutuhan kalian. Klik Pengaturan/ Settings di antarmuka utama emulator untuk menemukan semua opsi, kalian bisa mengatur sesuai keinginan, dari mulai graphic, control, audio, jaringan dan system.


Sekian coretan kali ini, beritahu game apa aja yang kalian mainkan di komentar ya. Terima kasih...

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Cara Memainkan Hampir Semua Game PSP di Ponsel Andorid Kalian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel