Cara Mengecek FPS di Dalam Game Pada Windows 10

Apa pun perangkat keras yang kalian miliki - selalu penting untuk memeriksa FPS (Frame Per Second) dalam game. Dengan bantuan penghitung FPS, kalian dapat memonitor kinerja permainan sampai batas tertentu.

Dalam artikel ini, kami akan membantu kalian mengetahui lebih banyak tentang FPS sambil mendiskusikan metode untuk mengecek FPS saat didalam game.

Apa itu Frame Rate?
Frame rate (atau FPS) memberi kalian gambaran tentang seberapa halus visual dari sebuah game. Semakin banyak FPS yang Anda dapatkan, semakin baik kinerja sebuah game.

Perlu juga dicatat bahwa kalian akan membutuhkan monitor / layar dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi jika kalian ingin benar-benar mengalami lebih dari 60 kinerja FPS.

Bagaimana Cara Melihat FPS Dalam Suatu Game?
Sekarang Anda sudah tahu apa itu - mari kita lihat bagaimana Anda dapat melihat FPS dalam game yang sedang kalian mainkan.

1. Menggunakan Penghitung FPS bawaan Steam

Jika kalian menggunakan Steam sebagai klien untuk mengelola dan memainkan game di PC, kalian dapat dengan mudah menggunakan penghitung FPS default yang berfungsi untuk semua game yang kalian mainkan di Steam.

Untuk melakukan itu, pertama, Anda perlu menuju ke Pengaturan:


Selanjutnya, kalian perlu menuju ke pengaturan In-Game dan menyalakan penghitung FPS seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

 

2. Menggunakan Perangkat Lunak NVIDIA / AMD

Bergantung pada kartu grafis yang kalian miliki, kalian dapat mencoba menggunakan Nvidia's GeForce Experience atau AMD Radeon Adrenalin.

Misalnya, di sini, kami mencoba menggunakan NVIDIA's GeForce Experience untuk menampilkan FPS dari sebuah game.



Kalian hanya perlu menekan ALT + Z untuk mengaktifkan overlay saat bermain game dan kemudian menuju ke pengaturan untuk mengaktifkan penghitung FPS. Kalian juga dapat menyesuaikan posisi penghitung FPS (sudut kiri / kanan atau sudut kiri / kanan layar). Begini tampilannya:


3. Menggunakan Opsi Dalam Game

Jika tidak ada solusi di atas yang berfungsi, Kalian dapat mencoba mencari opsi di game yang sedang kalian mainkan.

Banyak game yang menyediakan opsi dalam game untuk menampilkan FPS. Misalnya, kami mencoba Rainbow Six Siege - yang juga menawarkan opsi dalam game untuk menunjukkan FPS. Begini tampilannya:


Demikian pula, Kalian mungkin menemukan game lain dengan opsi untuk menampilkan informasi FPS.

4. Coba Gunakan MSI Afterburner


MSI Afterburner adalah salah satu alat pihak ketiga terbaik oleh MSI untuk membantu kalian menampilkan informasi penting seperti suhu GPU, suhu CPU, dll. Termasuk penghitung FPS.

Jadi, jika kalian menginginkan informasi lebih rinci tentang sumber daya sistem kalian dan FPS, kalian harus mempertimbangkan untuk menginstal MSI Afterburner.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk memeriksa FPS game kalian di Windows 10. Jika Anda menggunakan Linux, langkah-langkahnya harusnya sangat mirip sesuai dengan kartu grafis kalian dan klien game (seperti Steam) yang kalian gunakan.

Untuk macOS, jika kalian menggunakan Steam, langkah-langkah yang sama mungkin bekerja - tetapi untuk sisanya, kalian dapat mencoba mencari solusi dalam permainannya.

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Cara Mengecek FPS di Dalam Game Pada Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel